Mengenal Arti dari Keseimbangan Creep (Creep Equilibrium) di AOV

Mengenal Arti dari Keseimbangan Creep (Creep Equilibrium) di AOV
Creep Equilibrium FI

Hello Challengers!

Keseimbangan Creep merupakan satu metode dalam Game MOBA. Istilah ini juga sering kita jumpai pada Game Arena of Valor yang berarti keseimbangan. Namun, Challengers di Indonesia kebanyakan masih tidak terlalu mengetahui istilah ini.

Pada artikel kali ini, Hasagi akan memberikan kalian pengetahuan mengenai Creep Equilibrium atau bisa kita sebut dengan “keseimbangan Creep”. Pembahasan kali ini meliputi pengertian dari Creep Equilibrium dan teknik yang bisa diterapkan jika ingin melakukan hal ini. Berikut pembahasannya di bawah.

Creep Equilibrium


JInnar Splash Art

Secara harfiah, Equilibrium bisa diartikan sebagai keseimbangan. Dalam MOBA, hal ini merupakan teknik dasar yang perlu diketahui jika ingin meningkatkan kemampuan bermain ke tahap lanjut. Penerapan teknik Creep Equilibrium, bisa menentukan keadaan Creep di Lane kalian yang berdampak pada jalannya permainan.

Mengutip dari perkataan Stewart Yoel Tiolamon a.k.a Teemola kapten dari Bigetron e-Sports, Creep Equilibrium terdiri dari tiga teknik yaitu Hard Push, Slow Push dan Freeze Lane. Mari kita bedah masing-masing tekniknya di bawah ini.

Hard Push


Fennik, Vulpis Ignis

Hard Push, merupakan teknik paling umum yang bisa kalian temukan pada seorang Laner di setiap pertandingan. Hard Push seringkali diajarkan oleh para Content Creator AOV di Youtube sebagai teknik dasar dalam mengatur sebuah Lane. Penerapan teknik ini dilakukan dengan menghabiskan seluruh Creep Wave di Lane secepat mungkin.

Dengan cepat membersihkan creep di lane lalu melakukan rotasi”

Kalimat ini sering kalian lihat dan dengar di setiap video Gameplay atau pertandingan AOV. Tujuan dari teknik ini, adalah untuk memenangkan rotasi dari Laner lawan. Sehingga, kalian memiliki keuntungan untuk membantu Jungler/Laner lain dengan lebih cepat ataupun cuma sekadar membuka Vision (penglihatan) dan memantau pergerakan lawan dari dalam semak.

“Ayo Hard Push ya. Kita paksa jebolin towernya biar ga rugi”

Dalam skala kompetitif, Shoutcall semacam ini kerap terjadi dalam kondisi mengimbangi Net Worth yang tertinggal dari segi Objective. Memiliki pengetahuan makro game yang baik, mampu meminimalisir tertinggalnya Net Worth dari tim lawan dengan melakukan barter Objective ataupun Kill.

Slow Push


Omen

Slow Push, merupakan teknik yang cukup cerdik dimana kalian melakukan Set Up (perencanaan) terhadap Creep untuk melakukan Push otomatis secara perlahan. Penerapan Slow Push, dapat dilakukan dengan cara “HANYA” membunuh Range Creep lawan dalam sebuah Wave.

Tujuan melakukan Slow Push adalah jika rencana dari tim kalian ingin melakukan team fight secara 5v5. Salah satu Laner akan melakukan Slow Push dengan membunuh Ranged Creep lawan saja lalu langsung bergerak ke tempat team fight yang akan terjadi.

Untuk contoh penerapan bagaimana bentuk dari Slow Push, kalian bisa melihat cuplikan video di bawah ini antara Bigetron e-Sports vs Saudara e-Sports pada turnamen ASL season 1 Week 4. Kalian bisa melihat tim Saudara e-Sports berhasil melakukan Comeback menggunakan teknik ini.

Freeze Lane


Lu Bu Cyber Samurai 800x533

Freeze Lane, merupakan teknik dengan tingkat kesulitan cukup tinggi namun memiliki dampak dominasi yang tinggi terhadap lawan kalian di Lane. Tujuan dari teknik ini adalah untuk meminimalisir Gold dan Exp yang didapat oleh lawan kalian di Lane sehingga dapat memberikan keuntungan secara signifikan.

Kondisi ini bisa dilakukan, jika lawan kalian di Lane tidak berani melakukan Trading Damage dan cenderung bermain aman di bawah Tower. Cara penerapannya adalah, posisikan hero kalian untuk berada di antara Creep Wave yang sedang baku hantam dan posisi lawan sedang berada di area Tower. Tugas kalian hanya menjaga agar musuh tidak mendekat dan masuk ke area Gold dan Experience dari minion yang mati.

Pertanyaannya, bagaimana cara menjaga Lane tetap seimbang dan tidak terbawa ke arah lawan kalian di area Tower? Kalian cukup melakukan “LAST HIT” ke setiap Creep lawan yang akan mati. Dengan melakukan hanya satu kali pukul untuk membunuh creep, akan membantu menjaga keseimbangan dan membuat lawan akan tetap berada di area Tower tanpa mendapatkan Gold dan Exp.

==

Mempelajari setiap teknik dalam game MOBA, memang membutuhkan waktu yang lama. Seiring dengan berjalannya waktu dan seberapa sering bermain, maka kalian akan paham dengan sendirinya apa yang dimaksud dengan teknik teknik di atas.

Bahkan, kalian bisa menemukan teknik sendiri yang cocok dengan gaya bermain kalian di Lane. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel kami mengenai Advanced Guide selanjutnya.

~Learn Something New Everyday~

A.K.A Montreal. Based on Bekasi and Jakarta. Have a huge interest in MOBA gaming and potential MOBA Analyst. Currently active as Arena of Valor player since it released.

Facebook Twitter LinkedIn Google+ YouTube  

Leave a Reply