Challengers Ini Jadikan AOV sebagai Subjek Penelitian Skripsi

Challengers Ini Jadikan AOV sebagai Subjek Penelitian Skripsi
2

Halo Challengers!

Sebagai seorang mahasiswa, menyelesaikan skripsi merupakan salah satu syarat utama untuk bisa lulus dari perguruan tinggi. Biasanya, mereka akan menggunakan tema ataupun subjek yang cukup populer untuk memudahkan mereka mencari data ataupun penelitiannya.

Namun pernahkah terbayangkan jika Arena of Valor (AOV) dijadikan subjek penelitian skripsi? Ya, salah satu Challengers bernama¬†Gilang “Montreal” Maulana Iwanusa baru saja menyelesaikan pendidikan jenjang Strata-1 di salah satu universitas swasta di Jakarta menggunakan tema tersebut.

Pengenalan


1

Gilang yang merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan Sistem Informasi yang juga pemain aktif di Arena of Valor. Ia menggunakan judul penelitian “ADOPSI TEKNOLOGI BERGERAK PADA MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA GAMES DI INDONESIA”, dengan menggunakan studi¬†kasus dari game AOV.

Kenapa Arena of Valor?


Salah satu alasan menggunakan Arena of Valor sebagai subjek penelitian skripsi dikarenakan melihat skema game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang tengah berkembang pesat di Indonesia. Belum lagi AOV masih terbilang cukup baru dan jarang mahasiswa melakukan peneletian akademik terkait game.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi adopsi teknologi sehari-hari pengguna game AOV di Indonesia. Bahasa gampangnya, “faktor apa saja yang membuat pengguna AOV ingin memainkan game ini secara rutin.”

Apa yang Membuat Penelitian Ini Berhasil?


Penelitian ini dilakukan pada akhir bulan Februari 2018 dan berhasil diselesaikan pada akhir bulan Juni 2018. Bantuan dan juga dukungan dari Garena AOV Indonesia dan juga para Challengers membuat penelitian ini bisa selesai dengan cepat dalam jangka waktu 5 bulan.

Jika kalian masih ingat, Garena AOV Indonesia sempat mem-posting sebuah survey skripsi di Insta Story mereka. Target responden yang dibutuhkan sebesar 400 orang terpenuhi dalam waktu kurang dari 24 jam. Jika ditotal, sebanyak 1.426 orang berpartisipasi dalam survey yang dilakukan.

365574

Melalui penelitian ini, diharapkan di masa yang akan datang semakin banyak penelitian terkait game di Indonesia. Hal ini dapat membantu menyumbangkan ide pemikiran dari segi akademik dan juga membantu mematahkan persepsi negatif terhadap game.

Skripsi ini merupakan bentuk nyata di mana game, terutama Arena of Valor dapat membantu para Challengers dalam hal akademik. Jangan ragu untuk melakukan penelitian terkait game di kemudian hari kawan-kawan sekalian.

~Learn Something New Everyday~

A.K.A Montreal. Based on Bekasi and Jakarta. Have a huge interest in MOBA gaming and potential MOBA Analyst. Currently active as Arena of Valor player since it released.

Facebook Twitter LinkedIn Google+ YouTube  

Leave a Reply