Belajar Menjadi Shoutcaster AOV — Part 3

Belajar Menjadi Shoutcaster AOV — Part 3
Shoutcast 101 - Early Game

Hello Challengers!

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya tentang bagaimana menjadi Shoutcaster di Arena of Valor (AOV). Tahap berikutnya yang akan kita bahas adalah Early Game. Biasanya, Early Game akan menjadi sangat krusial dan bisa menentukan jalannya permainan.

Setiap Shoutcaster harus bisa memprediksi dan melihat beberapa faktor penting agar membawa pertandingan menjadi lebih menarik. Berikut ini penjelasannya.

Membahas Laning Phase dan Pergerakan Pemain


NA-vs-Korea-Game-1-AWC-2018

Analisis di awal permainan menjadi sangat penting untuk memberikan gambaran dasar tentang skema pertandingan yang akan terjadi. Pada tahap ini, Shoutcaster akan menganalisis Game Plan kedua tim, Match-up Hero di setiap lane, dan lane mana yang akan sering terjadi team fight di Early Game. Tak hanya itu saja, Shoutcaster harus bisa menebak lane mana yang akan menjadi target utama Ganking.

Pemain-pemain Penting di Setiap Tim


Carraway senyum 2


Selanjutnya Shoutcaster juga harus menganalisis pemain-pemain kunci dari setiap tim. Karena tentunya sebuah tim memiliki satu pemain yang berfungsi sebagai Playmaker dan patut diwaspadai. Analisis ini dapat membantu mengarahkan penonton untuk memperhatikan pergerakan pemain tersebut.

Untuk bisa mengetahui pemain penting di sebuah tim, Shoutcaster bisa mencarinya berdasarkan data statistik, KDA (Kill/Death/Assist), ataupun hero andalan yang sering digunakan.

Faktor yang Memengaruhi Kemenangan


VO-Cup-Game-2-MD-vs-GGWP2


Faktor yang memengaruhi kemenangan sebuah tim, atau yang biasa disebut Winning Condition bisa dianalisa berdasarkan komposisi hero yang dipilih masing-masing tim saat Draft Pick. Analisis ini bisa kembali dilakukan saat Early Game berlangsung beserta kemungkinan yang bisa terjadi. Seperti, apakah salah satu tim berhasil atau gagal menerapkan strategi yang direncanakan.

==

Fase Early Game penting untuk dianalisis. Karena banyak hal yang terjadi di dalam Game termasuk akhir dari Game tersebut bisa terlihat dan bahkan ditentukan pada fase Early Game. Pada titik ini, Info yang diberikan oleh Shoutcaster dapat membantu membentuk pola pikir para penonton dalam menganalisa sebuah pertandingan.

Di  mana koordinasi antara PBP (Play-by-Play) dan Color Caster (Co-Caster) dalam membentuk sebuah percakapan menarik sangat diperlukan agar membuat pertandingan menjadi semakin menarik.

Kalian bisa cek Part 1 dan Part 2 melalui tautan yang kami berikan.

~Learn Something New Everyday~

Playlolindo

A.K.A Montreal. Based on Bekasi and Jakarta. Have a huge interest in MOBA gaming and potential MOBA Analyst. Currently active as Arena of Valor player since it released.

Facebook Twitter LinkedIn Google+ YouTube  

Leave a Reply